Rabu, 20 Agustus 2014

Foto Keren

Foto Keren Pake Digicam

KENALI FITURNYA :
Tiap kamera memiliki fitur-fitur tertentu. Fitur yang dimiliki kamera A belum tentu dimiliki oleh kamera B.


~ Kompensasi.
Dilambangkan dengan semacam ukuran atau garis yang memuat angka -2, -1, 0, +1,+2. Fitur ini digunakan untuk mengatur banyaknya cahaya. Apabila gambar kita masih gelap atau terlalu terang, pdahal kita sudah mengatur ISO dan menggunakan flash, kita bisa menggunakan fitur kompensasi. Angka yang menuju negatif, artinya mengurangi cahaya, sedangkan positif, untuk menambah cahaya. 
 
~ Zoom.
Fungsi utamanya untuk mengatur jarak antara kamera dan obyek. Ada dua jenis, yaitu zoom in untuk mendekatkan dan zoom out untuk menjauhkan. Resikonya, ketika kita zoom out, kamera lebih sensitif menangkap pergerakan obyek. Hasilnya, saat obyek bergerak, akan terlihat blur. Tapi, fungsi ini sangat berguna untuk foto candid. Karena, kita nggak perlu mendekat ke obyek dan foto yang kita dapat sangat natural. Sementara, ketika menggunakan zoom in, cakupan foto kita bisa lebih luas dan gerakan obyek bisa di reduksi oleh kamera.

~ Video.
Fitur video pada kamera fotografi, kualitasnya berbeda dari kamera khusus video. Jadi gunanya sekedar untuk fun atau seseruan saja. Dan biasanya, kapasitas merekamnya nggak lebih dari 5-10 menit.

MENYIASATI FOTO :
Foto Gelap

Siasati dengan :
  • Mengatur ISO atau ASA, karena ISO menentukan jumlah cahaya yang diperlukan. Semakin besar ISO, semakin sedikit cahaya yang diperlukan . Kelemahannya, semakin besar ISO semakin kasar gambar yang dihasilkan. Dalam fotografi, cahaya itu penting banget!. Tanpa cahaya, kamera nggak akan bisa memuat gambar. Kita bisa mendapat sumber cahaya dari alam dan buatan seperti matahari, lampu , lilin, dan sebagainya. Jadi sebisa mungkin, carilah tempat yang cukup terang.
  • Nyalakan fitur flash, kalau kita merasa cahaya masih kurang. Saat memakai flash, perhatikan dan atur jarak antara kamera dan obyeknya. Range amannya 1-3 meter. Kalau terlalu jauh, gambar akan menjadi gelap dan sebaliknya, jika dekat akan terlalu terang.
Foto Backlight

Siasati dengan :
  • Terjadi saat cahaya matahari persis ada di belakang kepala kita. Akibatnya, obyek pada foto terlihat gelap dan background terang. Cara menyiasatinya, bergeserlah sekitar 10o dari garis lurus antara kepala dan sumber cahayaserta obyek itu sendiri. Intinya, bentuk sudut antara sumber cahay dan obyek dengan kamera.
  • Arahkan fokus di wajah obyek. Sehingga, obyeknya menjadi terang.
  • Nyalakan flash. Flash akan memberikan cahaya di wajah obyek yang gelap.\

Foto Blur 

Siasati dengan :
  • Bersabarlah. Karena semkain gelap, kamera semakin membutuhkan banyak waktu untuk fokus. Supaya prosesnya lebih cepat, kita bisa menggunakan bantuan cahaya dari handphone dan dekatkan di wajah.
  • Penyebab foto blur lainnya adalah kondisi tangan yang nggak stabil. Untuk itu, coba cari tiang atau tembok untuk bersandar. Kalau kita menggunakan tangan kanan untuk memotret, bersandarlah ke arah kanan, dan begitu pula sebaliknya.
Nah semoga bermanfaat yaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar